Sabtu, 31 Agustus 2013

kriteria kandang puyuh

   Kandang Puyuh AUSTRALIA


1. Lokasi
Lokasi kandang puyuh harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Tersendiri dan aman. Tersendiri bila ingin memelihara puyuh dalam skala besar (lebih dari 5.000). Sedang untuk skala menengah (2.000 – 5.000) cukup dimanfaatkan halaman rumah. Yang penting tidak mengganggu aktifitas rumah tangga, rasa aman dalam arti tenang dan bebas dari gangguan mutlak harus diciptakan agar produktivitas puyuh bisa sepenuhnya. Lokasi kandang sebaiknya dijauhkan dari gangguan anak-anak, lalu-lalang orang, dan keramaian kendaraan.

  • Sirkulasi udara baik. Hal ini mutlak untuk menjaga kesehatan puyuh

  • Cukup prasarana, seperti jalan masuk, air, listrik (bisa juga dengan lampu minyak), dan lainnya. Hal ini untuk menunjang kelancaran pengelolaan, tapi bukan hal ini yang utama.
Berikut contoh lokasi unit kandang puyuh di sekitar rumah:


Sistem Perkandangan
Kandang puyuh bisa dibuat dari bahan murah yang tersedia daerah setempat, antara lain bambu, kayu, papan (bekas peti atau triplek), kawat kasa. Kerangka kandang bisa dibuat dari kayu yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan. Bila kandang diletakkan di lokasi terbuka (tanpa peneduh), sebaiknya bagian atas ditutup genteng atau seng. Kalau kandang ini terlindung atap, misalnya di tempatkan dalam bangsal, cukup ditutup papan. Dasar kandang puyuh bisa dibuat dari kawat kasa (ukuran lubang 1 cm) atau bisa dengan anyaman bambu jika ingin lebih murah.

Sinar matahari sangat diperlukan baik untuk penerangan, penghangat, pembunuh bibit penyakit dan sumber vitamin D bagi puyuh. Usahakan kandang menghadap ke timur. Pada waktu malam hari pun kandang sebaiknya diberi penerangan tambahan agar puyuh tetap bisa makan dan memperoleh tambahan kehangatan. Hindari kandang puyuh tidak dibuat langsung di atas tanah. Jarak antara lantai dengan lantai dengan lantai pertama kandang sebaiknya lebih dari 30 cm, idealnya 40 cm. Selain itu, juga pastikan lokasi kandang bebas dari binatang buas atau serangga yang bisa mengganggu ketenangan puyuh.



2. Kandang piyik (anak puyuh)
Besarnya kandang puyuh disesuaikan dengan jumlah piyik yang akan dipelihara. Ancar-ancarnya adalah 1 m2 untuk tiap seratus piyik. Sebaiknya kandang ini dibuat dengan penyusunan seri (sejajar) dan salah satunya dikosongkan. Jika piyik sudah berumur 10 hari, sebagian anak puyuh dipindahkan ke kandang sebelah, ini agar tidak terlalu berdesakkan.

Pada prinsipnya ukuran kandang bisa berubah sesuai dengan besarnya jumlah puyuh yang akan dipelihara. Seperti dikatakan tadi, patokannya adalah 1 m2 persegi untuk tiap seratus piyik, atau tiap piyik membutuhkan luas kandang 0,01 m2 dengan tinggi kandang 40 cm. Seluruh dinding kandang piyik dibuat rapat. Dinding kiri, kanan, atas dan belakang dibuat dari papan atau triplek. Sebagian (bawah) dinding depan dibuat dari papan, sisanya (atas) dibuat dari kasa (anyaman bambu) agar sirkulasi udara terjamin.

Pada dinding depan ini ditempatkan pintu memasukkan makanan dan minuman. Lantai kandang juga terbuat dari papan. Jika puyuh akan dimasukkan kandang, lantai ini harus dilapisi kertas koran dahulu agar tidak ternoda kotoran piyik. Suhu kandang piyik harus dipertahankan 35 °C. Oleh karena itu di dalam kandang harus disediakan sebuah lampu pijar 40 watt. Perlengkepan lain, seperti tempat minum, bisa dipergunakan tempat minum anak ayam.


2. Kandang puyuh dara (10-50 hari)
Kandang puyuh dara dibuat dengan ukuran panjang 90 cm, lebar 60 cm dan tinggi 30 cm. Ukuran ini cukup untuk 40 ekor puyuh dara (umur 10 hari sampai usia bertelur). Ancar-ancarnya adalah luas 135 cm persegi untuk tiap ekor. Tingginya sengaja dikurangi agar tidak memberi kesempatan puyuh melompat-lompat. Sebab kegiatan melompat ini akan mengurangi produktivitasnya kelak.

Seluruh dinding kandang sebaiknya dibuat dari kawat kasa atau anyaman bambu. Pintu untuk keluar masuk makanan dipasang dibagian depan. Dalam kandang ini puyuh dara juga membutuhkan kehangatan. Oleh karena itu harus dipasang lampu pijar 25 watt agar menciptakan suhu kandang 30°C. Lampu ini harus menyala sepanjang malam agar puyuh tidak mudah kaget. Tempat minuman dan makanannya bisa menggunakan tempat makan dan minum anak ayam, bisa dibuat sendiri dari kayu atau seng. Bentuknya persegi dengan ukuran tinggi 6 cm, lebar 8 cm dan pajang 80 cm. Lubang untuk makan dibuat dengan garis tengah 3 cm dan berjarak 1,5 cm antar lubang. Tempat makan juga bisa dibuat berbentuk segi lima.

Kandang Puyuh Dewasa
Sebetulnya kadang puyuh dewasa sama dengan kandang puyuh dara, hanya suhu ruangan dikurangi menjadi 20-25 °C. Alat makanannya pun persis sama. Jadi kandang puyuh dara bisa dipakai untuk puyuh dewasa hanya dengan merubah ukuran lampu. Untuk menghemat tempat (jika ingin memelihara dalam jumlah yang besar),bentuk kandang bisa dikembangkan dengan menambahkan kandang lain di sisi dan di atas (dibuat bertingkat 3-4 kandang). Antara kandang bawah dengan kandang atas diberi sela 10 cm untuk laci penampung kotoran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar